7 Persiapan Liburan Sekolah Sebelum Membawa Anak Naik Pesawat


7 Persiapan Liburan Sekolah Sebelum Membawa Anak Naik Pesawat

Bagi beberapa anak, perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang akan menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya untuk yang baru pertama kali naik pesawat, tetapi juga untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan saat anak sudah kesekian kalinya naik pesawat. Nah, penting untuk tetap memperhatikan persiapan liburan sekolah yang nyaman saat membawa anak-anak berlibur dengan menggunakan pesawat terbang seperti hal-hal berikut ini.

1. Pilih penerbangan pagi hari
Apakah anak-anak bisa bangun tepat waktu saat orangtua memilih penerbangan pagi hari? Ya, bisa dibangunkan, kok. Hanya untuk bangun dan bersiap bisa dilakukan dalam waktu singkat, iming-iming liburan juga biasanya membuat anak lebih semangat bangun. Nah, tiket pesawat lcc dengan jadwal pagi hari juga biasanya lebih murah dan sepi penumpang. Jadi, pergerakan anak-anak bisa lebih nyaman. Saat sudah lelah bersiap bangun pagi, bisa tidur nyenyak selama penerbangan deh.

2. Bicarakan penerbangan yang akan dilalui
Setiap perjalanan punya tantangan yang berbeda. Penting untuk berkomunikasi dengan anak sebelum menggunakan penerbangan. Jika pada pengalaman penerbangan terakhir yang dilaluinya jadwal pesawat mengalami delay, jelaskan kemungkinan terjadinya hal sama dan diskusikan persiapan menyenangkan yang bisa dilakukannya agar tidak bosan. Jadi, anak tidak akan kaget atau rewel saat mengalami hal tidak terduga.

3. Gunakan pakaian yang mudah dilepas
Persiapan di bandara memang agak merepotkan, terlebih saat anak-anak harus melepas sepatunya melalui keamanan. Tidak hanya itu, anak-anak juga mungkin ingin buang air ke kamar mandi saat penerbangan sedang berlangsung. Nah, pastikan untuk menggunakan pakaian dan sepatu yang mudah dilepas. Hindari pakaian yang sulit dibuka seperti kemeja berkancing dan sepatu bertali.

4. Bawa hadiah kejutan
Anak-anak selalu suka dengan kejutan, terutama sebagai reward karena sudah menyelesaikan kegiatan di sekolah dengan baik. Nah, trik satu ini juga bisa jadi salah satu pengalih perhatian. Berikan hadiah kecil favoritnya untuk dibuka saat naik pesawat. Anak yang penasaran bisa asyik membuka kado dan mencoba hadiah baru yang diberikan. Jadi, kekhawatirannya saat naik pesawat bisa teralihkan sementara dan anak lebih semangat untuk kembali sekolah setelah liburan usai.

5. Packing seperlunya
Membawa barang bawaan banyak belum tentu membuat perjalanan lebih aman karena sudah mengantisipasi segala kemungkinan. Pakaian cadangan memang penting untuk dipersiapkan, tetapi membawa banyak barang bisa membuat kamu lebih banyak membawa koper atau tas. Lebih banyak bawa koper yang disimpan di bagasi akan membuatmu lebih lama menunggu antrean, anak-anak biasanya jadi bosan dan mudah rewel. Jadi, kalau bisa packing dengan koper kabin, lebih baik ‘kan?

6. Persiapkan diri untuk tekanan udara
Tekanan udara yang terjadi selama perbangan bisa menyebabkan rasa sakit di telinga. Anak-anak bisa saja merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan anak-anak sudah banyak minum air putih untuk cadangan cairan di dalam tubuh. Setelah itu, berikan air minum 30-45 menit sebelum landing karenan proses menelan agak membantu mengurangi rasa sakit akibat tekanan udara.

7. Hindari tempat duduk dekat lorong
Sebisa mungkin, hindari anak-anak untuk duduk dekat lorong. Anak yang bergerak aktif mungkin saja ‘kabur’ saat penerbangan sedang berlangsung sehingga mengganggu penumpang lain. Selain itu, ada potensi yang mungkin terjadi dan membahayakan anak-anak jika duduk di dekat lorong, misalnya tidak sengaja terkena tumpahan air saat pramugari lewat atau tersenggol barang bawaan penumpang lain yang sedang lewat.

Persiapan penerbangan sebisa mungkin perlu dipersiapkan agar anak-anak merasa nyaman dan tidak trauma akan perjalanan jarak jauh. Nah, buat yang sudah punya rencana liburan sekolah pakai pesawat, pastikan persiapannya sudah optimal ya!