Cara Merawat Rantai Motor yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara merawat rantai motor seringkali dianggap sebagai sesuatu yang menyulitkan. Anggapan tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang memilih perawatan hingga perbaikan rantai di bengkel. Padahal nyatanya melakukan perawatan motor bisa dilakukan dnegan mudah dan bahkan bisa dilakukan di rumah. Berikut ada beberapa cara merawatnya seperti ini. 

cara merawat rantai motor
22motomoto

1. Membersihkan Rantai Sendiri


Cara merawat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan rantai motor sendiri. Cara membersihkannya juga terbilang mudah yaitu cukup dengan menggunakan chain lube atau cairan pembersih khusus rantai. Tenang saja, untuk cairan khusus pembersih rantai ini sendiri sangat mudah ditemukan di pasaran jadinya tidak akan menyusahkan Anda mencarinya.

Satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kebersihan rantai itu sangat penting untuk selalu dijaga. Apalagi seperti yang diketahui bahwa rantai mobil sangat rentan untuk terkena air hujan hingga lumpur. Kombinasi itulah yang seringkali membuat rantai motor menjadi berkarat. Jadi hindari hal tersebut dengan rajin dan rutin melakukan pembersihan rantai sendiri. 

2. Memberikan Pelumas


Setelah rantai dibersihkan maka jangan ditinggalkan begitu saja karena masih membutuhkan perawatan lanjutan. Perawatan tersebut adalah dengan memberikan pelumas pada bagian rantai motor yang sudah dibersihkan sebelumnya. Tentunya Anda harus melumasinya dengan pelumas khusus rantai motor yang sesuai dengan jenis motor yang Anda miliki. 

Kesalahan banyak orang dalam cara merawat rantai motor adalah dengan menjadikan oli bekas sebagai pelumasnya. Hal ini biasanya dilakukan dengan alasan agar lebih murah dan juga lebih lebih mudah untuk dilakukan. Namun nyatanya pemilihan oli bekas sebagai pelumas hanya akan membawa banyak masalah. Terutama kondisi rantai yang akan menurun dan jadi jelek. 

3. Mengencangkan Rantai


Terakhir adalah dengan mengencangkan rantai motor yang Anda miliki. Biasanya hal ini disarankan dilakukan ketika rantai motor dirasa telah kendur atau suaranya yang mulai berisik. Apabila sudah sampai terjadi hal tersebut maka melakukan pengencangan rantai mesti dilakukan. Biasanya jarak aman rantai motor sendiri berada di kisaran antara 2,5 cm hingga angka 3 cm. 

Untuk melakukan pengencangan rantai ini sendiri, Anda bisa melakukannya dengan membaca buku panduan. Soalnya setiap jenis motor memiliki cara yang berbeda untuk cara mengencangkan rantainya. Pada titik inilah membaca buku panduan menjadi sesuatu yang penting dilakukan agar Anda tidak keliru dan juga tidak menyebabkan kerusakan pada rantai. 

Dengan mengetahui cara merawat rantai motor seperti yang sudah dijelaskan di atas maka Anda bisa melakukannya seorang diri. Jadi Anda tidak perlu lagi terlalu repot membawa motor ke bengkel hanya untuk melakukan perawatan yang masih tergolong ringan. Dengan Anda yang bisa melakukannya sendiri pasti akan jadi lebih mudah dan juga pastinya lebih hemat.